Apaitu backlink?

Saya yakin banyak diantara kita (newbie) yang masih bingung apa itu backlink. Pertama kali saya mendengar kata ini, saya agak...


Image

Saya yakin banyak diantara kita (newbie) yang masih bingung apa itu backlink. Pertama kali saya mendengar kata ini, saya agak bingung dan penasaran, apa sebenarnya backlink itu? Seberapa pentingkah sebuah backlink untuk blog kita? Mungkin teman-teman juga punya pemuikiran yang sama dengan saya. Untuk itulah saya mencoba untuk sedikit berbagi informasi pada teman-teman semua tentang backlink dan bagaimana peran dan fungsinya untuk blog kita.

Image

Backlink adalah link / alamat (URL) website atau blog anda yang terletak pada website atau blog milik orang lain. Mesin pencari seperti Google, sangat menyukai situs yang memiliki banyak Backlink yang berkualitas. Karena di mata search engine, situs tersebut  sudah memiliki popularitas yang tinggi. Jadi, semakin banyak suatu website atau blog memiliki Backlink yang berkualitas, maka semakin baik situs tersebut. Backlink yang berkualitas adalah Backlink yang berasal dari website atau blog yang memiliki Page Rank Google yang tinggi.

Dengan demikian bagi kita-kita yang masih newbie, sangat disarankan untuk sangat aktif untuk saling bertukar backling untuk mengoptimalkan proses indeks di google (optimalisasi SEO). Karena dengan demikian, mesin pencari google akan menempatkan blog/website kita sebagai salah satu website profesional yang memiliki jaringan yang profesional pula.

Ada 3 cara untuk melakukan backlink ini, yaitu:

1. One Way Backlink

One Way Backlink adalah backlink yang satu arah. Maksudnya adalah anda bisa menempatkan link pada blog/wesite orang lain, tetapi orang tersebut tidak mengharuskan anda untuk menempatkan linknya pada blog anda, begitu juga sebaliknya.

Image


Banyak yang beranggapan bahwa one way backlink ini sebagai cara yang paling disukai mesin pencari google, karena biasanya blog/website yang hanya menampung link tanpa harus memasang linknya tersebut pada blog/website yang nupang link di situsnya sebagai situs yang profesional dan populer.

2. Two Way Backlink  

Two Way Backlink  adalah adalah backlink yang sifatnya simbiosis mutualisme. Anda menaruh link pada situs seseorang dengan imbalan dia juaga bisa menempatkan linknya pada situs anda. Inilah yang disebut dengan Link Exchange atau barter atau saling tukar-menukar link.

Image


Three Way Backlink

Three Way Backlink biasanya dilakukan oleh situs khusus yang akan men-submit situs anda kepada situs-situs pihak ketiga. Tetapi, dengan syarat anda harus menempatkan link situs orang lain pada situs anda terlebih dahulu. Cara ini hampir mirip dengan Two Way Backlink. Tetapi, cara ini lebih cepat dilakukan daripada Two Way Backlink karena anda tidak perlu lagi mencari-cari situs yang bisa diajak untuk barter link.

Image


Memang untuk meningkatkan SEO blog/website backlink ini sangat penting. Akan tetapi perlu diingat bahwa proses ini bukan hanya satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas blog anda. Untuk melakukan backlink ini sendiri anda harus cermat, dan pilihlah blog/website yang permanen dan popular. Karena dengan demikian anda juga dianggap profesional oleh mesin pencari google karena anda tidak sembarangan dalam melakukan backlink.

You Might Also Like

0 Comment

Keyboardnya bagus tuh^^
Komentar dikit laah :D

Flickr Images